Teplok

Indonesia Pengguna Internet Terbanyak se-Asean????

In Teplok Good News on May 31, 2009 at 3:35 pm

Merujuk pada statistik yang diberikan oleh internetworldstats pada akhir tahun 2008, menempatkan Indonesia sebagia negara dengan pengguna Internet terbanyak di Asia Tenggara. Hal tersebut menjadi kebanggaan tersendiri tentunya bagi kita warga negara Indonesia. Namun, apakah memang benar-benar patut dibanggakan? atau kita hanya menang dalam kuantitas saja? simak ulasannya sampai tamat, oke?hehehe

Berdasarkan data yang diberikan oleh internetworldstats, penduduk Indonesia yang menggunakan Internet berjumlah 25.000.000, atau meningkat sebesar 1.150 % dari tahun 2000 yang hanya berkisar 2.000.000 saja. Ini merupakan sebuah fenomena menarik untuk dicermati. Kita memang patut berbangga hati jika disandingkan dengan negara lain seperti Brunei yang hanya naik 486,8 %, Malaysia 328,9 %, Thailand 483,3 %, Singapura 158,7 %, atau Timor Leste 0,0 % dari Tahun 2000. Hanya ada satu negara yang mengalahkan Indonesia di Asia Tenggara dalam hal perkembangan pengguna Internet, negara tersebut adalah Vietnam. Vietnam, memiliki perkembangan jumlah pengguna Internet yang cukup tajam yaitu sebesar 10.317,2%. Wah, hebat nih Vietnam, emang lagi banyak kemajuan tuh negara akhir-akhir ini.

Banyaknya pengguna Internet di Indonesia, menempatkan negara ini menjadi negara dengan pengguna Internet terbanyak ke 5 di Asia. Setelah China, Jepang, India, dan korea selatan. Peringkat kita hampir terancam oleh negara Vietnam yang menempati urutan ke 6. Saat ini Indonesia menyumbang 3,8 % pengguna Internet untuk Asia, dan Vietnam menyumbang 3,2%.

Namun demikian, presentasi antara pengguna Internet dan penduduk, masih sangat sedikit. Penduduk kita yang menjadi pengguna Internet hanya 10,5%. Sangat jauh tertinggal oleh negara seperti Malaysia 62,8%, Singapura 67,4%, Thailand 20,5%, Vietnam 24,2% penduduknya sudah menggunakan Internet.

Secara peningkatan pengguna dan jumlah pengguna mungkin kita terbilang juara. Tapi terlihat jelas kalau Internet di negara kita kurang merata. Saya pikir ini adalah hal yang wajar, mengingat Luasnya wilayah Indonesia dan Banyaknya penduduk di Indonesia. Saya tetap optimis, kalau Indonesia bisa mengingkatkan jumlah pengguna Internet. Perlu di catat, data diambil oleh Internetworldstats pada akhir tahun 2008, dan yang saya tahu Internet makin booming di Indonesia pada tahun 2009. Maka dari itu, saya optimis persentasi pengguna Internet di Indonesia akan bertambah pada tahun 2009 ini. Apalagi jika terus didukung oleh kebijakan pemerintah, seperti menurunkan tarif Internet.

Sumber: http://www.kabar-baik.co.cc

Leave a comment